Kamis, 14 Desember 2017

How to write a good personal statement for exchange student program



Personal statement bukan lah sesuatu yang baru bagi scholarship hunters. Ia surat sakti yang mampu menghipnotis pembaca untuk memilih kamu. Personal statement bisa digunakan untuk banyak hal, seperti pendaftaran beasiswa, kampus dan atau kerja. Nah, kali ini saya akan mencoba membahas personal statement untuk beasiswa pertukaran mahasiswa.

Apa itu  personal statement? 

Personal statement (PS) adalah sebuah tulisan yang mendeskripsikan diri secara naratif. PS menjadi kunci utama untuk membuka gerbang ketertarikan bagi mereka yang membacanya. Baik oleh pemberi beasiswa, profesor di kampus tujuan dan atau atasan di tempat kerja.

Kenapa PS sangat penting?

PS menjadi salah satu bagian terpenting dari CV. PS memberikan kita kesempatan untuk memberikan gambaran yang jelas akan kekuatan dna motivasi kita dalam mendaftar sebuah program. Mengingat calon pemberi beasiswa belum pernah bertemu apalagi mengetahui seluk beluk kehidupan kita. Jadinya PS menjadi tongkat magic bagi setiap hunters. 

Hal apa saja yang harus di muat di PS?

Berdasarkan pengalaman yang ada dan pendapat para ahli. PS yang baik adalah PS yang menjawab pertanyaan di bawah ini:
  1. Siapa kamu?
  2. Apa yang sudah kamu lakukan, dan
  3. Apa yang akan kamu lakukan di masa yang akan datang?
Berikut ini saya lampirkan personal statement yang saya tulis kala mendaftar beasiswa Erasmus Mundus dengan negara tujuan Swedia.

Paragraph 1.

Saya menjelaskan bahwa sudah mengetahui program ini sejak beberapa tahun silam. Kemudian saya jabarkan, alasan utama saya tertarik dengan program ini. Yaa, di sini coba lah untuk memuji program dan negara yang akan di kunjungi. 

I am writing to you in order to express my motivation to join with …. 

Atau bisa juga pendahuluan di mulai qoute menarik dari para ahli. 
Seperti 


"Education is the best powerful weapon in the world: Nelson mandela" This is one of my best proverb that I follow into achieving my goals....


Paragraph 2.

Saya menjelaskan latar belakang yang relevan dengan program. Di sini saya memulai menjelaskan tentang pengalaman  mengajar di pesantren disertai akan apa yang saya ajari serta target yang ingin dicapai. Selain itu, saya coba uraikan pengalaman sebagai asisten lab dan menyebutkan pelajaran yang berhasil saya pelajari.

I have gained experiences in education from several activities, both in and outside  the….

Paragraph 3.

Saya kembali menyebutkan keunggulan system pendidikan di negara tujuan dan apa yang masih kurang di negara asal. Serta yang saya dapatkan jika memiliki kesempatan belajar ke sana.

While in Indonesia education still refers to learning instruction and examinations, education in (negara tujuan) tends to focus…..

Paragraph 4.
 Saya menyatakan dengan jelas alasan memilih universitas yang di tuju. Agar paragraph ini lebih indah, saya menyarankan agar melakukan penelitian kecil akan kelebihan-kelebihan yang tersedia di kampus tujuan. Misal, tentang laboratorium, staff teaching, fasilitas yang ditawarkan dan lain-lain.

 I have chosen  university at least for two main reason……

Paragraph 5.

Saya menyebutkan mata kuliah yang ingin saya pelajari. Salah satu keuntungan menulis ini adalah bahwa kita sudah benar tau akan apa yang akan kita pelajari. Dan si professor yang membaca pun akan …. Bahwa bagus ni anak, ternyata dia sudah punya modal untuk belajar di sini.


If I am accepted to join with this program, I would like to study about…


Paragraph 6 dan 7

Apa yang akan saya lakukan selama dan sesudah program menjadi pilihan. Dengan menyebutkan ini, lagi-lagi kita menyatakan bahwa sudah punya rencana yang jelas.



 During the program, I would like to…… 
 and  After completing the program, I would like to….



Paragraph 8.

Kalimat bernada belas kasihan saya utarakan di sini. Bahwa saya sangat mengharapkan bisa di terima. 
 Here I hope to get this golden opportunity. Considering my ....

 I can ensure you that, I would be...





Klik ini untuk full personal statement yang saya gunakan saat apply beasiswa Erasmus Mundus under Expert Sustain. 


Reactions:

4 komentar:

  1. wah, tips sangat menarik. Bisa juga nih dipakai untuk penawaran kerja sama buat blogger...tinggal ubah-ubah aja..

    BalasHapus
  2. wah penting ini, bookmarked ya! masih terobsesi sih buat belajar ke LN, conditional, hehe. TFS ya bang

    BalasHapus
  3. Benar banget, mba. Silakan dimanfaatkan sebaiknya. Semoga bermanfaat yaaa

    BalasHapus