Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Friday, 13 May 2016

Kamu Mahasiswa Yang Lagi Ngekos, Jangan Lupakan Ke 8 Hal Ini Jika Kamu Ingin Tetap healthy (SEHAT) Sepanjang Masa

Aula Andika Fikrullah Albalad
Menyandang status sebagai mahasiswa adalah penghargaan besar bagi tiap orang.  Betapa tidak, status sebagai mahasiswa kerap membuat kita dipuja-puji oleh se-antero negeri. Yaaa, minimal sekali keluarga dan tetangga kita dikampung halaman. 
Namun acap kali, gegara penghargaan dan status yang hebat itu. Banyak mahasiswa yang kurang memperhatikan sesuatu yang sangat berharga dalam hidupnya. Iya, kesehatan. Sebuah wujud takbenda yang tak pernah bisa diuangkan sekaya dan sebanyak apa pun harta warisan yang kita miliki. 
Sebelum rumah sakit, klinik kesehatan, puskesmas penuh karena kamu mahasiswa. Perhatikan ke delapan hal ini.


1. Olahraga
sumber: www.sehatfresh.com
Cara yang paling ampuh ya dengan jalan kaki ke kampus dan hindari menggunakan lift. Selain itu, kamu juga bisa lari-lari kecil dipagi harinya selepas shalat subuh. Mudah-mudahn subuh kamu tidak diatas kasur yaaa. Hehehe gagal program jika itu real lifenya. 



2. Makan Teratur
Ini nih, soalan yang paling banyak dan sering dilakukan oleh mahasiswa, makan tidak teratur. Jika semenjak kecil kamu sudah terbiasa makan sehari tiga kali, maka kebiasaan itu harus kamu jaga kalau gak maka maag, dan asam lambung akan mengrogoti kesehatan mu. Kamu bisa mulai dengan membawa bekal. Selain hemat akan kantong, ini juga akan menjaga kesterilan makanan kamu dari gangguan pengawet makanan. 


3. Say no to rokok
sumber: www.google.com
Bahaya yang ditimbulkan oleh si dia ini tidak hanya menjadi bumerang bagi si perokok aktif saja, si perokok pasif pun tak lepas dari cengkramannya. Mahasiswa kerap kali lupa akan bahaya yang ditimbulkan oleh rokok ini, hanya karena ia tidak mau dikatakan gak jentel oleh mahasiswi. Dalam satu penelitian disebutkan bahwa dalam satu batang rokok terdapat lebih dari 600 zat kimia, diantaranya nikotin, ar, karbon monoksida, karsinogen, iritan dan lain-lain. Kebanyang jika dalam sehari kamu menghabiskan lebih dari 1 bungkus? siap-siap jantung kamu berhenti karenanya

4. Perbanyak minum air putih
Kalin tau tidak, jika penyebab kedua terbesar dari kerusakan organ dalam manusia yakni ginjal adalah karena kurangnya mengkonsumsi air putih. Mengapa harus air putih, wong sekarang banyak warung kopi yang menyediakan aneka minum lezat siap saji such as sanger, tea, soda susu, cappucino, and soon. Kekurangan air putih dapat menyebabkan terhimpitnya toksin yang terdapat pada saluran ureter ke ginjal, nah jika ia mengeras maka menyebabkan batu ginjal. Haayooo, mau kena batu ginjal atau minum air putih? life is choose. And you know more than me the great answer of the questions guys. Kalau susah mendapatkan air putih, dont be shy jika harus bawa tumbler alias botol minum hehe. 

5. Jangan pacaran


Nah loh, rada-rada sensitif nih jika ngomong tentang pacaran. Its does not mean I am asking you to be jomblo loh. Hahaha. Mereka yang baru putus dari pacar, pasti nafsu makannya hilang, olahraganya jadi tidak teratur, hingga tak jarang melampiaskan ke hal-hal yang buruk seperti ngerokok, narkoba, balapan dijalan. Nah loh, bahaya kan kalau ini terjadi. 

6. Perbanyak shalat sunah
sumber: www.doamustajab.com
Sudah banyak penelitian baik berupa jurnal, skripsi yg menyatakan manfaat gerakan shalat bagi kesehatan. Bahkan dalam kitab yang pun juga ada yang menyatakan hal itu. Jadi selain tetap melaksanakan shalat wajib lima waktu ada baiknya jika ditambah dengan shalat sunah ba'diyah, qabliyah, dhuha, tahajjud, dan atau pun witir.

7. Gunakan transportasi umum. 
sumber: dok. pribadi



Iya, saat kita menggunakan transportasi umum such as bus transkoetaradja. Sudah tentu keringat akan bercucuran sebab dari sering jalan kaki dari satu menuju halte. Belum lagi jarak haltenya dengan tempat kita bekerja itu jauhnya ratusan meter, tentu sudah sangat bagus untuk kesehatan mu. Selain itu kita juga turut mendukung pemerintah dalam menjaga polusi udara. Apalagi kalau transposrtasinya gratis, siapa yang gak mau coba. So ayooo naik bus transkoetaradja. 

8. Selalu membersihkan kamar tidur
sumbe: dok.pribadi



Believe me or not. 90% kamar tidur laki-laki kumuh berantakan seakan akan baru saja terjadi demo besaran. Alasannya pasti baper, maklum belum ada yang bersihin (read istri). Nah loh, memangnya istri tukang kebersihan yaaa? padahal kamar yang bersh menyebabkan kuman tidak mudah hinggap baik dibantal, kasur, jendela, buku dan peralatan kamar lainnya. Tentu juga akan indah jika dipandang mata. 

Aula Andika Fikrullah Albalad / Author & Editor

I thank you very much for coming to my post. Hopefully you got alots and dont forget to leave comments below

0 Comments:

Post a Comment

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Aula Andika FA| Templatelib