Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Tuesday, 31 May 2016

Empat Hal Yang Biasanya Dilakukan Masyarakat Aceh Dalam Menyambut Bulan Ramadhan

Aula Andika Fikrullah Albalad
Bulan Sya'ban sudah mendekati kata finish. Yang menandakan bahwa bulan penuh keagungan dan kemuliaan siap menyambut kita semua. Ramadhan, yang dalam kaidah bahasa arab dikatakan bahwa kalimatnya merupakan  sebuah isem yang mamnu' minash shart. 
aulaalbalad.blogspot.com
Mesjid Putih Ulee Kareng, Banda Aceh
Sumber: Doc.pribadi





Ramadhan tak hanya sebatas bulan untuk menahan lapar dan dagaha saja, melainkan bulan memuzalaah kepentingan pribadi bersama sang rabbi maha suci. Karenanya wajar, jika berbagai golongan dan lapisan masyarakat melakukan aneka kegiatan dalam menyambut dengan penuh rasa syukur  bulan yang penuh akan limpahan pahala ini.

Berikut ini, kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Aceh sebelum masuk bulan ramadhan;

1. Pawai Keliling.
Pawai Keliling oleh civitas akademika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
Pict by: Prof. Dr. Mustanir Yahya. M.Sc
Pernah menyaksikan olimpiade-olimpiade dunia seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA GAMES? dimana hari pertama akan dilakukan penyambutan para atlit dengan melakukan parade. Tak ubahnya pekan tersebut, dalam menyambut ramadhan pun demikian adanya. Pawai Keliling. Sambil menenteng berbagai selebaran, spanduk-spanduk, dan kertas yang berisikan ajakan, himbauan untuk menyukseskan dan memanfaatkan ramadhan sebaik-baik mungkin. Biasanya pawai ini dimulai pagi hingga saat azan dhuhur berkumandang.

2. Camping.
Suasana Camping santri dayah Ulee Titi di Pasir Putih, Aceh Besar
Pict by: Tgk Ismi Akhi Munzir

Kalimat ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinganya anak-anak mapala (mahasiswa pencinta alam). Tak ayalnya anak-anak mapala, kaum sarungan (santri) pun tak mau ketinggalan bercamping ria dalam menyambut bulan ramadhan. 

Lokasi camping di Lhok Mata, Ie. Aceh Besar
Pict by: Tgk Faisal Ahmad

Santri Dayah Raudhatul Muna di Lhok Mata, Ie
Pict by: Tgk Faisal Ahmad

Lokasi yang dipilih biasanya adalah tempat yang disana terdapat kuburan-kuburan auliya Allah. Jadi tidak hanya bersantai sambil berlibur mereka juga bisa berziarah dengan harapan diberkahi umurnya berkat keberkahan  ilmu para auliyaNya.

Santri Dayah Raudhatul Mubarakah sedang mencicipi kari kambing (kuah sie kameng)
Pict by: doc.pribadi


Jika dalam istilah bahasa Aceh disebutkan "sipat tak, dua pat lut" dan dalam bahasa Indonesia "sekali mendayuh dua tiga pulau terlampaui" intinya banyak manfaat yang didapatkan. 

3. Ziarah dan bersih-bersih kuburan orang tua.

Agenda gotong royong sudah menjadi ciri khasnya masyarakat Indonesia sejak jaman baholok, Gotong royong ini biasa dilakukan pada kegiatan-kegiatan yang berhajat pada hal yang bersifat ramai. 
Momen ramadhan memang sangat luar biasa indahnya. Tak hanya mereka yang masih hidup saja merasakan manfaatnya, yang sudah beda alam pun bisa mecicipi manisnya ramadhan. 
Satu minggu atau paling telat 3 hari menjelang ramadhan, biasanya sanak family melakukan ziarah kubur sambil membersihkan tanaman-tanaman yang membuat rusak keindahan tempat peristirahatan itu dan minimal sekali melafalkan alfatihah serta yasin dengan meniatkan pahala kepada mereka. 


4. Top Tepong (tumbuk tepung).


Kegiatan ini sudah jarang ditemuin di Aceh. Namun demikian dahulu kala, jauh sebelum tepung keluaran pablik membanjiri pasar traditional. Kaum emak-emak dengan ciri khasnya lilitan sarung dikepala dan selendang dipinggang menghiasi reulung rumoh Aceh (bagian bawah dari rumah Aceh). Beras sebagai bahan baku utama pembuatan tepung didapatkan dari padi sawah sendiri. 


Jika menelitik lebih dalam, tentu tradisi yang ada dalam masyarakat kita (Indonesia) sangatlah banyak. Semoga saja, kita mampu mempertahankan itu sebagai warisan budaya tak benda yang dengannya menjadikan kita sebagai masyarakat yang sadar dan peduli akan budaya bangsa. 

Mohon kritikan yang bersifat membangun untuk para guru yang membaca postingan ini. 
#IsharethereforeIam

Aula Andika Fikrullah Albalad / Author & Editor

I thank you very much for coming to my post. Hopefully you got alots and dont forget to leave comments below

0 Comments:

Post a Comment

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Aula Andika FA| Templatelib