Header Ads

Gerhana Matahari terjadi, lantas ada apa dengan kalangan dayah??

9 maret 2016, diprediksi akan terjadi sebuah fenomena alam yang sangat langka yang hanya terjadi 350 tahun sekali, yakni GERHANA MATAHARI.
Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer..
Beberapa minggu sebelumnya, telah keluar berbagai instruksi yang menyatakan seruan untuk melakukan shalat gerhana diberbagai mesjid dikota Banda Aceh. Salah satunya di mesjid Baitul Musyahadah, Setui. Mesjid Oman, Lampriet dan lain-lain.
Namun, saya melihat ada seorang sahabat disalah satu akun jejaring sosial yang menanyakan "apa kabar dayah-dayah di Aceh, pakon seungap that (kenapa diam tak bersua) seperti tidak mempedulikan akan ini kabar" imbuhnya dengan penuh percaya diri.
Taukah sahabat semuanya, bahwa golongan-golongan "intelektual" di dayah takkala melaksanakan atau mengerjakan sesuatu hal, maka mereka takkan mengerjakan jika tanpa didasari oleh sebuah ilmu. Bukankah sebuah amal takkan diterima olehNya jika tanpa didasari oleh sebuah ilmu?
Nah ini lah sahabat ku, mengapa hingga sampai saat ini. 'Belum' ada intruksi di dayah untuk melaksanakan shalat gerhana.
Karena mereka mempercayai bahwa sunah mengerjakan shalat gerhana jika sudah nyata gerhana itu terjadi. Jika hanya sekedar isu? Whats next!
Selain itu, intelektual dayah "tidak" begitu bergembira akan fenomena yang telah menyedot perhatian ratusan ribu jiwa ini. Hingga ada informasi yang menyatakan bahwa disebuah tempat sebut saja daerah X yang mengundang artis ibukota demi menghibur sebagian masyarakat disana, besok.  Mengapa?
Karena bagi mereka, gerhana yang asal usul kejadian pertama kali terjadi pada tahun 2 H ini bukan sebuah hiburan yang patut menjadi tontonan umat. Melainkan sebuah hal yang mengharuskan kita harus lebih mawas diri. Karena dibalik sebuah kejadian tentu ada begitu banyak rahasia yang Allah berikan untuk kita semua. Sebab ini bukti kuat bahwa Allah Maha Kuat.