Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Saturday, 31 October 2015

Warung Kopi dan WIFI Gratis di Aceh, Akankah Ini Sebuah Ancaman Atau Justru Sebagai Peluang?

Aula Andika Fikrullah Albalad
Sumber foto : www dot Skyscarpety dot com



Aceh terkenal sebagai kota seribu warung kopi.  Iyaaa, kalau kamu-kamu ke Aceh jangan heran jika menemukan deretan warung kopi (atau yang biasa dilaqab dengan "warkop") sejak tiba di bandara International Sultan Iskandar (SIM),  Blang Bintang, Aceh Besar hingga akan mau naik lagi ke dalam pesawat.

Tak hanya warkop yang menyajikan aneka makanan lezat yang mampu menguncangkan lidah. Semua warkop di Aceh tersedia  wi-fi. Cukup bermodal 5 ribu, kamu bisa duduk sehari semalam disana... Makanya jangan heran, jika muda-mudi Aceh begitu update aneka informasi baik nasional maupun international terlebih gosip-gosip artis hingga ayam maktijah yang sedang bersalin pun tak luput dari incaran mereka.

Namun, sayang seribu sayang.

Melimpah ruahnya warkop aneka varian. Ditambah dengan wi-fi gratis tidak menjadikan muda-mudi Aceh lantas cerdas hingga dinyatakan lulus di Harvard University, Oxford University dan top ranked universities lainnya.
 Bahkan cukup menyedihkan kemudahan dalam mengakses internet malah menjadikan muda-mudi Aceh sebagai orang-orang yang malas. Hal ini bisa disaksikan, saat kita menatap layar laptop para pengunjung warkop. Yang terpampang di layarnya bukan lah akses ke jurnal-jurnal international melainkan hanya GAME ONLINE.

Malah yang lebih menyedihkan, duduk berjam-jam di warkop berfasilitas wi-fi hanya untuk bolak-balik di "Whats on your mind?" atau ninggalin jempol dipostingan teman dan ngelihat jumlah like akan satu postingan. Kalau postingannya banyak yang like pasti senyum merambah di wajah ayunya. Iyaaa, apalagi kalau bukan laman facebook.com.

Sejak bermunculan aneka warkop berfasilitas wi-fi di Aceh ini. Aku bermimpi dan berharap mimpi itu selalu menjadi kenyataan saat bangun pagi. 

Follow me on instagram @fa_aula


Mimpiku itu tidak muluk-muluk yakni, andai kemudahan mengakses internet ini dimanfaatkan untuk mencari dn mengupgrade aneka informasi baik itu jurnal international, lomba, konferensi, pelatihan, pertukaran pemuda, atau bahkan sekecil-kecilnya internship keluar negeri. Sudah bisa dipastikan mental muda-mudi Aceh bukanlah pencundang yang terlabel melainkan sebagai pemenang.


Namun, apa boleh dikata. Realitas berkata lain.

Selaku pemuda, aku tidak mau terbawa arus ini. Aku harus melawan arus walau itu aneh bagi sebagian orang. Selaku the change makers, aku tidak mau menjadi salah satu dari mereka yang saban hari duduk di warkop dari pagi hingga datangnya pagi lagi hanya untuk download pilem Korea semata.

Jika tidak mampu mengubah yang ada, sekurang-kurangnya aku harus intens (istiqamah) melakukan hal-hal yang berbau positif. Yakni salah satunya selalu kepoin aneka website dari top-ranked universities walau kadang kewalahan sebagian wesbite mereka tidak berbahasa inggris atau websitenya berbahasan inggris tapi gak ngerti. Nah, ini websitenya yang kelewatan pinter atau aku nya yang terlalu cerdas (perkataan adalah doa loh, jadi jangan ucap yang gak-gak ya hehehehe). Tak hanya itu, sebuah buku tulis akan selalu menemani laptopku. Karena sewaktu-waktu, akan ada hal yang wajib untukku tulis. Saking berharganya informasi.

Berbagai hal yang telah ku capai selama ini, itu adalah salah satu dari kerajinan ku memanfaatkan limpahan internet di warkop berwi-fi untuk submit aplikasi ini dan itu. 
Epsss, jangan salah walau keseringan submit, tidak semua aplikasi ku menarik dipandang mata oleh panitia penyeleksi. Tapi kegagalan ini lah yang menjadikan ku haus untuk selalu melahp aneka informasi trik and tips untuk menang lomba, ikut konferensi dan lain-lain.


*ditulis saat sedang duduk di warkop Cut Nun Lampienueng. Karena kelelahan jawab esai untuk ikut workshop disalah satu negara Asean yakni Thailand. Banda Aceh, 15:24 PM. Sabtu 31/10/2015.

Aula Andika Fikrullah Albalad / Author & Editor

I thank you very much for coming to my post. Hopefully you got alots and dont forget to leave comments below

0 Comments:

Post a Comment

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Aula Andika FA| Templatelib