Header Ads

Saya sudah punya pasport loh!

www (dot) Faktariau (dot) com




Saya sudah setahun yang lalu punya pasport...


Tapi? Ya begitu lah.
Hana Allah bri raseuki lom...


Even terakhir yang saya daftar adalah erasmus dengan tujuan Sweden. Persiapan matang kali dilakukan, ngeneror banyak orang mulai dari anak Aceh, bandung, pontianak, kendari hingga rela berdiskusi panjang dengan salah satu kandidat P.Hd di Spanyol agar motiv saya dikritik sekeji mungkin pun saya lakukan. Dengan harapan I have study in Europe this year.

Persiapan dokumen sudah baik. Persiapan lain pun juga giat saya lakukan.
Pas jadwal pengumuman, tiba-tiba dapat email dari committee selection bahwa diundur sehari. Wah, dak dik duk gak karuan. Ukuran hana item teunget malam nyan.
Besok paginya pas ngebuka email betapa terkejut ketika ngebaca "RESERVED LIST"
Allahu rabbi. Rasanya pengen nyelam kedasar laut sambil minum susu.

Suatu malam, ketika di dayah saya duduk bersama guru dan bertanya padanya
" tgk, pakon lon hana tom lewat pertukaran mahasiswa. Peu na salah tgk?" Tanya saya

" oooow, han lewat lee thon nyoe (2015). Insya Allah thon ukee (2016) singoh akan meutemee jak u lua dan negara yang pertama Aula kunjungi Insya Allah adalah Australia" jawabnya

" oooo ya raaab, padahal awak that thon nyoe tgk. Sampe-sampe baroe lon daftar pertukaran mahasiswa u eropa cuma cadangan lom" ungkap ku sedikit sedih.

"Nyan keuh, saba bacut trek. Thon ukee insya Allah. Hana jet jioh-jioh that. Phon Australia, lheh nyan baroe meulingkee u asia, amerika dan eropa. Seubab nyoe jioh-jioh that teukaboo entrek. Maka jih sabaa thon ukee insya Allah" tutupnya penuh antusias dan keyakinan.

Dibalik ketidak lolosan ku dalam berbagai exchange program selama ini bisa jadi dikarenakan apabila aku lolos mungkin sifat sombong dan takabbur akan bersemai/berkembang biak dengan baik dalam diri ini yaaa.

Hom keuh, tawakkal ke Allah. Insya Allah di setiap kejadian pasti ada hikmah dan kejutan yang telah Allah persiapkan untuk saya. Semoga saja kejutan itu datang cepat dan mampu menghapus tabir-tabir kesedihan selama ini.