Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Tuesday, 11 August 2015

Tips Menjadi Raja Baca Provinsi Aceh (1)

Aula Andika Fikrullah Albalad
Aulaalbalad.blogspot.com
Setelah penobatan, hunting di musuem tsunami.



Pendaftaran raja/ratu baca provinsi Aceh 2015 sudah ditutup. Yeeeeeey!! selamat untuk kamu yang sudah mengembalikan berkas pendaftarannya ke ruang ADM puswil Lamnyong. Semoga 15 juta menjadi pelipur lara bagi kamu-kamu yang diktp nya masih bertuliskan MAHASISWA! Lumayan kan, 15 juta untuk beli bakso sekampung mah masih cukup. Apalagi kalau kamu mau beli kuaci, bisa untuk dimakan se-Indonesia deh. Bakalan hebat, jika saat kenduri kuaci itu mas joko (read: pak Jokowi) hadir sebagai tamu undangan. Bakalan geger dunia deh. Gak percaya? coba aja!

Nah, sebenarnya apa sih itu raja/ratu baca provinsi Aceh? dikatakan raja/ratu karena sering minjem buku ya? atau karena sering ttd absen kala berkunjung ke pustaka wilayah? bukan bro!!

Raja/ratu baca provinsi Aceh adalah bentuk apresiasi pemerintah Aceh dibawah Dinas Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh kepada individu-individu yang rajin membaca baik di perpustakaan maupun ditempat lain. 

Terus apa aja syarat menjadi raja/ratu baca Aceh, berikut sajian lengkapnya untuk kamu semua;

1. Bisa Baca.
Sudah pasti dong, namanya juga raja/ratu baca kamu kuduk bisa membaca. Nah, untuk kamu yang pengen jadi raja/ratu tapi belum bisa membca silakan kembali ke pangkuan guru bahasa Indonesianya.

2. Berusia 18-35 tahun.

Untuk kamu yang belum berusia 18 tahun atau bahkan sudah berusia lebih dari 35 tahun 1 hari mau ikutan kompetisi ini, mohon maaf. Belum/sudah tidak bisa. 'saya baru berusia 17 tahun koma 1 detik bg dan saya baru berumur 35 tahun 1 jam bg'. Lagi-lagi maaf saudara ku. Kalau pun nekat untuk ngibul panitia dengan data-data palsu, mending jangan deh. Biasanya sesuatu yang diawali dengan hal yang tidak baik akan menghasilkan yang tidak baik pula. 

3. Memiliki motivasi yang tinggi.

Ia, kamu kuduk siap lari keliling stadion Lhoong Raya sebanyak 100 kali dalam waktu 60 menit, setelahnya push up 50 kali dan dilanjutkan dengan tahan napas selama 30 menit. Sanggup kah? Hahaha. Gak kok. Proses pemilihan raja/ratu gak sesadis itu.

4. Loh jadi untuk apa juga motivasi tinggi kak?

Begini saudara ku yang baik hati semoga luah lampoh ya. Raja/ratu baca Aceh ini akan disematkan dipundak kamu selama kurang lebih 1 tahun lamanya. Nah kalau semangat mu tinggal 2% segera cari colokan deh dan recharge segera hingga kembali ke 100%.

5. Belum menikah

'Saya belum menikah dan bekeluarga kak, tapi udah punya anak 3 dan cucu 8'. Nah loh!!! kalau ada yang beginian enaknya dijadikan kuah sop, sate atau piscok ya.. belum menikah disini bukan penindasan terhadapa kamu-kamu yang sudah meninggalkan masa lajangnya saudara. Namun bisa jadi, akan ada banyak kegiatan selama kamu menjabat sebagai raja/ratu baca yang tentunya akan menyita waktu mu bersama keluarga. 

6. 'Tinggi saya gak sampe 165cm  kak, apa bisa?'

Lupakan modelnya. Ini sesi interview.

Kalian mau ikut ajang pemilihan tukang panjat kelapa ya sampe-sampe tinggi badan menjadi penghalang. Kalau tukang panjat kepala iya butuh tinggi yang semampai. Kalian sedang ikut raja/ratu baca loh dimana attitude dan kecerdasan  kalian jauh lebih penting diatas segalanya.

7.  'Untuk menjadi raja/ratu harus pandai solek dan catwalk kah?'

Ini persepsi lama kawan, kalian tidak sedang ikut bergabung dengan sebuah agency. Kalian juga tidak sedang ikut bawa air galon dimana keseimbangan kalian berjalan sangat menentukan air dalam galon dan ini bukan ajang kontes kecantikan kawan. This is the king/queen of reading of Aceh contest (biar kayak orang-orang, sekali-kali pakek bahasa inggris ya hasil bantuan google translate hihihih).

8. Belum pernah menang raja/ratu sebelumnya.

Wah, kalau syarat ini gak ada mungkin saya adalah orang pertama yang akan mendaftar sebagai peserta raja/ratu baca provinsi Aceh. Untuk abang dan kakak raja/ratu Aceh, maaf kita tidak dibenarkan ikut lagi. Gak lucukan, kalau foto kita aja yang ada dalam ruangan kepala dinas. Hahahah. Bisa-bisa asam urat juga si pak kadis. 

Kalau segelintir keambiguan diatas sudah berhasil kamu lumpuhkan, silakan catat baik-baik tanggal dibawah ini;

1. Pendaftaran dimulai 1 mei hingga 8 Agustus 2015
2. Form dikembalikan selambat-lambatnya  8 Agustus 2015
3. Pengumuman seleksi administrasi tanggal 13 Agustus 2015
4. Tes tulis tanggal 19 Agustus 2015
5. Pengumuman hasil tes tulis 24 Agustus 2015
6. Interview 1-2 September 2015
7. Pengumuman Raja/Ratu Baca Aceh 2015 14 September 2015 bertepatan dengan hari kunjung perpustakaan.

Untuk kamu semua, persiapkan diri dengan baik. Jangan lupa jaga kesehatan dan jangan lupa gunakan #ayomembaca #acehberjaya dalam setiap postinganmu baik di instagram, twitter atau media lainnya. Jadikan membaca sebagai kebutuhan bukan sekedar pelampiasan.

Ini no hp saya (085277499721), silakan hubungi jika ada hal yang ingin ditanyakan. NO sms ya! 
#AYOMEMBACA #ACEHBERJAYA


Jangan bosen ke pustaka deh, walau foto ini belum juga hilang. :D

Aula Andika Fikrullah Albalad / Author & Editor

I thank you very much for coming to my post. Hopefully you got alots and dont forget to leave comments below

0 Comments:

Post a Comment

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Aula Andika FA| Templatelib