Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Sunday, 2 August 2015

9 Facts about sleep paralysis

Aula Andika Fikrullah Albalad
Ketindihan, tindihan atau yang banyak orang menyebutnya arep-arepa merupakan suatu kondisi  yang sangat menakutkan bin mengerikan. Fenomena yang kata orang jaman dulu ini adalah ganguan setan ini terjadi hampir diseluruh bagian negara di permukaan bumi ini. Dalam dunia kesehatan, kejadian ini dikenal dengan sebutan sleep paralysis. Seperti dilansir dilaman nhs.uk yang dimaksud dengan sleep paralysis adalah sebuah kondisi dimana tubuh seolah-olah terasa lumpuh sementara, biasanya saat terbangun dari tidur. Dalam kondisi ini, seseorang sadar dan terjaga, namun anggota tubuhnya tidak bisa digerakkan. Inilah yang membuat banyak orang mengatakan ada makhluk gaib yang menindih dan menahan tubuhnya.Nah, terus bagaiamana hal ini bisa terjadi, klik Cause of sleep paralysis Dibalik itu semua, ternyata ada 9 fakta menarik tentang Sleep Paralysis ini diantaranya sebagai berikut:

1. Seakan-akan kamu akan mati.



Woow, kebanyakan pasien mengatakan hal yang sama saat mendeskripsikan tindihan ini yaitu: perasaan kamu setengah mati. Kamu tau bahwa pikiran mu bangun namun disisi yang lain tubuh mu tidak. 

2. Ini lebih rumit dari sekedar mimpi buruk.Ini benar-benar lengkap, saat kita memasukin kondisi tidur REM. 

Otak kita mengatakan bahwa otot-otot tubuh membutuhkan istirahat dan pergi ke suatu keadaan yang membuatnya hampir lumpuh total. Yang dalam ilmu kesehatan disebut anotia. Yaitu sebuah kondisi yang membantu melindungi tubuh dari cedera dengan mencegah dari memerankan gerakan fisik dalam mimpi. 

3. Ini terjadi saat kita bangun atau tidur.


Kelumpuhan tidur dapat terjadi dalam salah satu dari dua fase tidur. Satu sisi tubuh harus hijrah ke kondisi REM namun disisi yang lain ia harus keluar dari itu. Pada saat masa transisi inilah terjadi kelumpuhan tidur.

4. Sleep Paralysis dapat membuat halusinasi.

Berbeda soalan dengan mimpi buruk dan mimpi baik, yaitu yang terjadi saat mata dan tubuh berada dalam kondisi REM. Maka halusinasi ini terjadi di negara antara tidur dan bangun ketika pikiran waspada dan mata terbuka.

5. Anda tidak bisa walau hanya untuk bangun

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Eropa beberapa waktu lalu, sang peneliti yang bernama Dr Brues mengatakan bahwa "Beberapa pasien melaporkan bahwa mereka dapat menggoyangkan jari-jari kaki, jari, atau otot-otot wajah mereka, yang membantu mereka bangun seluruh tubuh mereka. Semua orang mencoba sesuatu yang berbeda, tetapi Anda tidak bisa menipu ibu alam - tidak ada cara untuk menarik diri dari itu. Anda hanya perlu menunggu saja".

6. Kelumpuhan tidur sebenarnya adalah kondisi alami dan terjadi pada hampir setiap orang.

Setiap kita akan pergi tidur, ada beberapa resiko  bangun di kelumpuhan tidur. Tapi keparahan dan tingkat kesadaran sangat bervariasi - kebanyakan orang memiliki setidaknya satu episode di beberapa titik dalam hidup, tetapi bahkan tidak menyadari hal itu. Ketika itu tidak terjadi, itu sangat individual dan jarang pengalaman yang sama untuk semua orang.

7. Bisa jadi, ini mungkin karena kurang tidur.

Masih menurut Brues yang mengatakan bahwa kekurangan tidur merupakan faktor pendukung yang paling utama penyebab terjadinya kelumpuhan tidur.

8. Kelumpuhan tidur biasanya menyebabkan durasi tidur yang lebih lama.

9. Tidak ada penyebab yang pasti.

Stres, depresi, obat, dan  gen yang diwariskan akhir-akhir ini telah dikaitkan dengan  kelumpuhan tidur. Dr Breus mengatakan.  penelitian sementara menunjukkan asosiasi, tidak ada penyebab yang jelas dari kelumpuhan tidur, yang jelas sangat frustasi bagi siapa pun yang akan melalui ini.
Kita tahu bahwa kelumpuhan tidur baik dapat terjadi sendiri sebagai insiden yang terisolasi, atau dapat menjadi gejala dari gangguan tidur lainnya, seperti narkolepsi. Dan tidak ada penjelasan mengapa hal itu mungkin terjadi setiap hari atau hanya setiap sekali-sekali.


Aula Andika Fikrullah Albalad / Author & Editor

I thank you very much for coming to my post. Hopefully you got alots and dont forget to leave comments below

0 Comments:

Post a Comment

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Aula Andika FA| Templatelib