Header Ads

7 hal yang wajib kamu lakukan di usia muda


Pada umumnya, usia muda selalu dihiasi dengan fisik yang masih kuat, pikiran masih cermat, ingatan masih hebat, langkah kaki cepat dan tentunya wajah yang indah nan mempesona.

Kelebihan inilah yang terkadang banyak membuat orang lupa akan apa yang seharusnya dilakukannya di usia muda. Hingga tak jarang banyak yang terlena hingga terbuai dalam kubangan hitam pergaulan, seperti melakukan perbuatan asusila, merokok, bersaudara dekat dengan 'narkoba' hingga bahkan tak jarang ada yang berani menghilangkan nyawa seseorang agar dikenal sebagai pemuda/i berintegritas dan pemberani.


Salah kaprah jika hal ini masih ada di alam pikiran para muda/mudi tanah air.
Seyogyanya di usia muda, kuduk dijadikan sebagai ajang untuk memperkaya diri baik dari segi materi, ilmu dan ataupun pengalaman. Sebagai bekal dimasa tua.
Nah, hal-hal apa saja yang harus dilakukan di usia muda? Agar muda bermanfaat, tua bermartabat dan mati dalam keadaan tidak sekarat.


1. Be open mind

Biasanya di usia muda, sifat egois menduduki peringkat pertama. Karena merasa diri yang paling pintar dan benar. Tak jarang, banyak yang menyepelekan orang lain. Ini tentulah sangat bahaya.


2. Kerja keras dan bersegera lah

Karena  masih muda dan merasa masih memiliki umur panjang kadang membuat kita merasa, ah bentar lagi lah. Wong masih ada waktu, gak hari ya besok. Gak besok ya besoknya lagi. Ini terus terjadi hingga tak sadar, nafas terngap-ngap.


3. Fokus pada tujuan


Iya, fokus. Masa muda adalah masa me cari jadi diri, begitulah sebagaian kata para psikolog. Maka tak jarang apa aja yang ada di depan mata, semua dirampas dan dilabraknya. Jadilah, kekurangan dalam management waktu membuat semua yang ada tak selesai dikerjakan, alhasil gagal fokus.


4. Jaga Kesehatan

Lah, udah kayak emak-emak aja kalau berbicara yang satu ini. Ya terserah bagaiamana pun bentuknya, namun kesehatan adalah harta yang paling berharga melebihi intan berlian. Pergunakan masa muda mu sebagai ajang untuk memperkaya kesehatan, karena jika ini sudah tercemar walau setetes saja. Nah, sudah lah. Semua impian mu akan menjadi taruhannya.

5. Travelling
WAJIB! mah kalau yang ini, jangan kamu biarkan masa muda mu hanya kamu habiskan dengan nonton tv semata atau nongkrong di semua warung kopi yang ada. Bertravelling lah, karena dengan ini akan lebih membuat kamu terbuka. Jika kamu tidak melakukan hal ini, percaya lah suatu hari nanti kamu akan sangat menyesalinya.

6. Jangan boros, tabung sebagian uang mu

Penelitian membuktikan bahwa penyebab stres tertinggi yang datang di usia tua adalah dikarenakan ketiadaan simpanan. Kalau tidak mau cepat stres, sisihkan minimal 10% dari gaji mu (jika kamu udah berpenghasilan)

7. Membaca

Usia muda ada begitu banyak waktu yang belum terpakai, ada baiknya waktu-waktu tersebut digunakan untuk memperkaya diri. Silahkan rampas semua ilmu yang ada di semua buku. Jika telah datang masa tua mu, jangan sampai kamu menghardik diri mu sendiri karena tidak banyak membaca kala masa muda mu..




Share artikel ini ke teman-teman muda mu. Jangan biarkan mereka menghabiskan masa mudanya untuk hal-hal yang tidak produktif