Header Ads

Coto Makassar

Hallo, para pecinta kuliner nusantara.
Kali ini aku mau membahas salah satu kuliner dari timur Indonesia. Tepatnya dari Sulawesi Selatan.

Raise you hand please,  who have gone to makassar before?
You, well its so nice.
I think you having eat those food before.
Yap. You are right.

Coto Makassar, begitu lah orang-orang memanggilnya.

Pada dasarnya, coto makassar ini tidak beda jauh dari soto yang biasa kita jumpai dan sering kita makan selama ini. Baik itu kuah soto, nasi soto, soto ayam hingga cotok-cotok an (ayam kali :D)

Namun yang membedakan coto makassar ini terletak pada aroma dan rasanya yang khas.  Yang mana, bila kita mencintainya insya Allah mampu untuk menghipnotis anda semua untuk menghabiskan 2 hingga 3 mangkoknya.

Sumber: KulinerNusantara.com



Salah satu keunikan dari coto makassar yang tidak akan pernah bisa dijumpai pada soto lainnya adalah jeroannya. 
Selain daging, coto makassar tak kan lengkap dan sempurna tanpa adanya jeroan baik itu hati, jantung, limpa maupun usus. Dan tak lupa, ketupat adalah pasangan yang wajib ada kala mau mencicipi sedapnya coto Makassar
Konon menurut cerita para sesepuh kota makassar. Dulunya coto makassar ini hanya dihidangkan kepada para kalangan kerajaan Gowa. 
Sumber: Lezat.com
Tetapi ada juga sumber yang mengatakan bahwa coto dibuat oleh rakyat jelata dan dihindangkan untuk para punggawa kerajaan pada pagi hari sebelum mereka bekerja.

Sampai saat ini, belum ada fakta uang konkret akan asal muasal makanan ini. Hal ini membuktikan akan tuanya umur coto tersebut. 

Nah bagi kalian-kalian yang berkunjung ke makassar atau sulawesi jangan lupa untuk mencicipi lezatnya makanan khas nusantara ini.
Bila kalian belum mencicipinya, maka perjalanan kalian di daerah si ayam jago belum sah, sah dan sah.